Rabu, 21 Januari 2009

Gunakan Senjata Kimia, IAEA Akan Periksa Israel

Gunakan Senjata Kimia, IAEA Akan Periksa Israel


WINA - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akan menyelidiki dugaan penggunaan senjata uranium oleh pasukan Israel saat menyerang Jalur Gaza Palestina.

Rencana ini dikeluarkan setelah negara-negara Arab mengirimkan surat kepada Pemimpin IAEA Mohamed Al Baradei yang meminta lembaganya untuk menyelidiki persenjataan Israel.

Dalam surat yang dibawa Pangeran Arab Saudi Mansour Al Saoud itu, negara Arab menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas informasi yang menyebutkan bahwa telah ditemukan sisa uranium pada korban Gaza.

"Kami juga telah mengirimkan surat ini kepada seluruh anggota negara IAEA dan akan melakukan penyelidikan sesuai dengan kemampuan kami," kata Melissa Fleming juru bicara IAEA seperti dikutip Press TV, Kamis (22/1/2009).

Lebih lanjut Fleming mengatakan, waktu penyelidikan akan diputuskan setelah negara-negara anggota berkonsultasi. Sementara perwakilan Israel di IAEA, Israel Michaeli, menolak berkomentar terkait rencana itu.

Menanggapi pemeriksaan IAEA tersebut, juru bicara Menteri Luar Negeri Israel Yigal Palmor mengatakan bahwa pihaknya menolak mentah-mentah rencana itu. Dia menyebutkan bahwa tuduhan itu tidak lebih dari motif propaganda anti-Israel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar